Pagi Ini

birds

 

Bangun pagi dengan perasaan aneh hari ini.

Tidak seperti pagi-pagi biasanya dimana aku bisa menggeliat segar karena malam sebelumnya telah bermandikan cahaya bulan.

Pagi ini adalah hampa. Tanpa ada perasaan, tanpa ada pemikiran. Semua seolah larut begitu saja.

Selintas demi selintas bersama dengan pulihnya kesadaranku, bermunculan kembali pikiran-pikiran.

Pikiran yang tidak sama dengan yang kupikirkan pada pagi biasanya. Aku memikirkan pertanda, memikirkan kata dan frasa yang perlu diucapkan pada manusia, memikirkan kewajiban dan ambisi, memikirkan wajah yang tidak mau tersenyum. Ingatanku pun membawaku pada keindahan tertentu. Pada beningnya cahaya dan wangi harum yang menyerbak memabukkan. Pada canda tawa dan bentuk wajah yang manis jenaka. Semua bermain-main dalam kepala.

Semua kemudian kabur begitu saja.

Sungguh, memikirkan akan manusia adalah suatu yang mambuat lena. Membuat seorang manusia bebas menjadi budak hina. Merubah pria terhormat menjadi banci gila. Kini sang kacung perasaan telah dilempar ke ujung ruangan, layaknya kain pel yang sudah lama terpakai.

Maafkan, karena tidak pernah menjadi berarti. Tidak pernah menjadi dia yang akan dibanggakan karena telah mengenalnya. Tidak pernah berbuat suatu apa yang dapat meringankan beban di pundakmu. Bahkan kain pel masih lebih mulia dari aku.

Pagi ini mulai beranjak lalu dalam lesu. Embun sejuk pagi menghibur bagai hujan malam itu. Burung-burung bersapaan, pria-pria mendengkur, sedikit yang menggeliat. Burung hantu pun berangkat tidur, takut dibakar matahari. Tapi meski memang matahari akan membakarnya, dia akan tetap sabar menunggu malam, di mana purnama akan memandikannya.

Pungguk pun masih ingin mencintai rembulan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s