Akibat Berbohong

Empat orang mahasiswa dikisahkan sedang begadang demi menyaksikan pertandingan sepak bola yang sangat seru. Padahal besok pagi mereka akan menghadapi ujian, tapi keempat mahasiswa tidak peduli, mereka begadang hingga larut malam. Besok paginya mereka bangun kesiangan, buru-buru mereka berangkat ke kampus naik angkot. Yakin tidak akan sampai tepat waktu, akhirnya mereka sepakat untuk mengarang cerita: Nanti mereka akan mengaku hampir mengalami kecelakaan karena angkot yang mereka tumpangi salah satu bannya pecah. Mereka pun dengan baik hati membantu sopir angkot membawa angkotnya ke bengkel terdekat. Sepakat dengan kebohongan bersama itu, mereka pun menuju kampus dengan santai.

ujian sudah mau selesai ketika mereka datang. Dosen mereka pun marah besar, keempat mahasiswa itu pun langsung dengan kompak menceritakan tentang angkot yang salah satu bannya meletus saat mereka menuju kesini, dan mereka mendorong angkot tersebut ke bengkel terdekat, sehingga perjalanan mereka ke kampus pun tertunda. Dosen nyaris yakin bahwa mahasiswanya berbohong, tapi dia tidak punya bukti. Akhirnya sang dosen mengizinkan keempat mahasiswa itu mengikuti ujian susulan besoknya.

Keempat mahasiswa itu pun kegirangan, selain masih dapat mengikuti ujian, mereka pun punya waktu satu hari lagi untuk belajar. Esoknya, dosen memisahkan keempat mahasiswa badung itu di empat ruangan yang terpisah untuk menjalani ujian.

Keempat mahasiswa bengal itu mengerjakan dengan tekun, soal demi soal mereka kerjakan dengan teliti. Ternyata soal yang diberikan dosen mereka cukup mudah. Sampai akhirnya sampai pada soal terakhir, keempat mahasiswa itu langsung panik keringat dingin. Si dosen dari jauh tersenyum puas. Soal itu adalah:

“saat kalian menolong angkot kemarin, ban sebelah manakah yang pecah?”

troll

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s