Tiga Kepribadian Mahasiswa

Tulisan ini adalah coret-coretan kecil saya tentang gagasan sederhana yang saya dapat selama berkuliah. Tulisan ini ditujukkan untuk adik-adik yang mulai menempuh hidup baru sebagai mahasiswa, teruslah bermimpi, belajar, dan berjuang, jangan pernah lupakan tujuan kalian berada disini

Baiklah, gagasan saya sederhana, seorang mahasiswa menurut saya, memiliki tiga kepribadian: Akademisi, Aktivis, dan Wirausahawan.

study

Akademisi

Ada istilah indah untuk kita sebagai penduduk akademik pecinta ilmu pengetahuan: Civitas Academica. Istilah ini merujuk pada mereka yang menjadi penduduk lingkungan akademis. Untuk mereka yang tergabung dalam institusi pendidikan, dan konsisten menjaga komitmennya mengabdikan diri pada ilmu pengetahuan. Itulah diri kita kawan, kita adalah bagian dari Universitas Gadjah Mada, sebuah lembaga pendidikan paling bersejarah di Indonesia. Mencari dan menggali pendidikan sebaik mungkin adalah tujuan utama kita disini. Dalam prosesnya mungkin kalian akan menemukan banyak kegiatan yang terasa lebih membuaikan daripada kuliah, apalagi sistem perkuliahan tidak lagi seperti sekolah, perkuliahan kelas yang hanya beberapa jam saja per mata kuliah membuat kalian memiliki waktu luang yang sangat banyak. Namun apakah berarti kuliah bisa diabaikan begitu saja? Tentu tidak, bagaimanapun kuliah adalah prioritas utama. Jangan sampai kita mengabaikan kehidupan kuliah, bila tidak siap-siap saja dengan nilai yang tidak memuaskan dan kelulusan yang mungkin tertunda. Belajar adalah tanggung jawab kita sebagai kaum intelejensia.

Guy

Aktivis

Tidak ada orang yang terlahir bodoh, semua manusia memiliki kemampuan untuk berpikir,mengkaji fenomena di lingkungannya, dan menyusun konsep tentang apa yang menurutnya baik dan buruk. Itulah sebuah idealisme, bagaimana kita berpikir dan mengkaji, untuk menciptakan ideologi kita sendiri. Seiring dengan waktu, berkembang pula kemampuan seseorang untuk memiliki ideologi. Ideologi tersebut bukan hanya untuk dipikirkan, namun untuk diwujudkan. Disinilah kepribadian mahasiswa sebagai aktivis beraksi. Mahasiswa dengan keberaniannya haruslah berani terjun ke lapangan dan membela kebenaran, dengan kasih sayangnya haruslah mau menolong sesamanya yang membutuhkannya. Semua demi ideologi yang kita miliki, demi pemikiran kita akan apa yang baik dan buruk. Ikutilah berbagai kegiatan di luar kelas yang dapat menjadi wadah penyaluran idealisme tersebut.

Balairung misalnya, merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang jurnalistik, dan aktif menyuarakan aspirasinya lewat media massa dan memberi pengalaman jurnalistik pada anggotanya. BEM KM, merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa yang aktif mengangkat isu di kancah nasional dan menggelar bakti sosial pada lingkungan sekitar. Kopma UGM, merupakan koperasi mahasiswa yang aktif menyuarakan ideologi ekonomi kerakyatan dan gerakan Koperasi. Serta Himpunan Mahasiswa Jurusan yang bisa menjadi wadah untuk berkegiatan bersama teman sejurusan. Lembaga Swasembada Masyarakat (LSM) di luar kampus pun dapat menjadi pilihan wadah untuk menyalurkan idealisme. Selain mengisi waktu dengan berbuat kebaikan, juga mengasah pengalaman dan keahlian.

entrepreneur-inside

Wirausahawan

Mungkin kata ini tidak asing lagi bagi kalian. Ketika kalian masih SMA, kalian mungkin pernah berjualan makanan atau minuman kecil, aksesoris pernak-pernik yang indah, atau berjualan pulsa. Biasanya kita melakukan itu untuk mendapat uang jajan tambahan, atau mengumpulkan dana ketika OSIS mengadakan acara. Sambil melakukannya dengan penuh suka cita, kita pelan-pelan belajar untuk mengelola uang, mempromosikan dagangan, dan melatih mental kerja keras. Tidak diragukan lagi, pengalaman seperti itu menjadi sangat penting ketika kita menjadi mahasiswa. Tentunya kita tidak mau lulus dari Universitas ini dalam keadaan masih diberi makan dan tempat tinggal oleh orang tua bukan? Mulailah belajar menabung sedikit demi sedikit untuk masa depan. Carilah ide-ide wirausaha kreatif untuk melatih kepekaan kita mencari peluang bisnis. Kita bisa berjualan pulsa kepada teman sekelas kita, mencoba berjualan makanan dan minuman di Sunmor (Sunday Morning, semacam pasar kilat yang digelar setiap minggu pagi di jalan Pancasila), dan bahkan bila kita bisa menggunakan keahlian, kita bisa misalnya mendesain kaos atau jaket untuk dijual. Carilah institusi tertentu, seperti CED, lembaga wirausaha mahasiswa di UGM, yang bisa memberi bantuan modal bagi para wirausahawan Gadjah Mada. Atau juga Koperasi Mahasiswa UGM, yang memiliki divisi usaha yang dapat dimanfaatkan anggotanya, serta komunitas-komunitas di dalamnya yang dapat memberi keahlian soft skill dan hard skill untuk berwirausaha.

Banyak definisi tentang apa itu wirausaha, namun menurut saya sendiri, wirausaha adalah sebuah sikap mental untuk memenuhi kebutuhan sendiri, sebuah komitmen untuk bekerja keras pantang menyerah dalam menghadapi tantangan ekonomi yang ada, serta kecakapan untuk memanfaatkan hard skill maupun soft skil, serta mengelola bisnis secara mandiri, dalam hal manajemen maupun finansial.

 Nah pertanyaannya, apa yang sebenarnya saya maksud dengan tiga kepribadian ini? Apakah tiga sifat ini adalah penggolongan saya terhadap mahasiswa zaman sekarang? Yang berarti ada tiga golongan mahasiswa dengan tiga kepribadian yang belakangan ini beredar? Atau tiga sifat ini adalah sifat ideal yang sepatutnya dimiliki seseorang? Jawabannya, bisa keduanya! Ada mahasiswa yang memang tipikal akademisi saja, atau aktivis saja, ada juga yang memang menganut keduanya atau ketiganya. Saya melihat bahwa tiga kepribadian ini menjadi pola perilaku yang selalu beredar di kalangan mahasiswa. Saya sendiri menganut dan berusaha menyeimbangkan ketiganya, kamu?🙂

vision

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s